Learning By Doing


Learning by doing‘ satu ungkapan yang mulai dikenal luas oleh masyarakat dan mempunyai makna “belajar dengan cara langsung  melakukan sesuatu”. Melakukan sesuatu di sini bisa berarti sambil “membuat sesuatu” atau melakukan “action” tertentu.

Menyimak perkembangan teknologi yang begitu cepat di Korea selatan, tidak bisa dilepaskan kebiasan mereka untuk lebih “to the point” melakukan sesuatu secara nyata daripada membahas dulu konsep/teori sampai bertele-tele. Sikap ‘to the point‘ untuk bisa menghasilkan produk tertentu tidak bisa dilepaskan dengan sikap yang bersedia kerja keras berbuat sesuatu dan tidak takut salah selama mereka melakukan proses ‘lerning by doing‘ tersebut.

Dengan sikap ‘learning by doing‘, kita tidak akan terjebak hanya pada tataran konsep/rencana, tetapi akan lebih cepat untuk memikirkan masalah implementasi. Karena sesungguhnya pada saat implementasilah pelajaran-pelajaran yang banyak dan harus diselesaikan dengan cepat akan menghadang dan harus kita selesaikan. Persoalan-persolan yang muncul pada saat implementasi itulah yang membuat kita makin  termotivasi untuk maju dan terus maju.

Untuk membiasakan masyarakat kita untuk terbiasa melakukan ‘learning by doing’, harus mempunyai sikap tidak takut untuk memulai suatu kegiatan produksi, walaupun pada awalnya masih ada kekurangan atau kesalahan, hal itu adalah sesuatu yang dapat makin disempurnakan dan diperbaiki. Masyarakat juga diharapkan untuk selalu memberi kesempatan kepada yang sudah memulai suatu produksi untuk selalu menyempurnakan karyanya dan jangan sampai masyarakat di sekitarnya terbiasa untuk menghujat kalau terjadi kesalahan pada orang yang sudah berani memulai pembuatan suatu proyek. Misal Mobil SMK pada saat itu masih belum lolos uji Emisi, tak maslah. Diperbaiki aja kinerja mesinnya. Insya Allah nanti juga akan bisa diperbaiki.

Salam ‘Learning By Doing’

Kusni

Tentang muhammadkusni

dosen itb
Pos ini dipublikasikan di pendidikan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s