Perang dan menang.


Sudah lebih lima bulan aku tidak menulis di blog ini, karena sedang tugas di Korea. Pagi yang indah ini, tidak tahu kenapa aku rindu untuk berbagi fikiran dengan teman-temanku.
Lima bulan terakhir ini, aku sering memikirkan dan mencari jawab, kenapa manusia sering melakukan peperangan, yang menurut akalku merupakan sesuatu tindakan yang tidak masuk akal, dimana di situ orang berusaha untuk saling membunuh secara masal.
Sedikit demi sedikit , setitik demi setitik mulai terjawab pertanyaan dalam benakku tersebut. Aku ingat dialog antara para malaikat dengan Allah, pada saat Allah ingin menciptakan makhluk yang namanya manusia. ‘Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat : ” Sesungguhanya Aku hendak menjadikan seorang Khalifah di muka bumi. ” , kemudian para malaikat berkata :” Mengapa Engkau hendak menjadikan khalifah di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah. Padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau ?” Tuhan berfirman: ” Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui “.
Dari dialog antara Tuhan dan malaikat pada waktu penciptaan manusia, sudah jelas tergambar, bahwa manusia akan membuat kerusakan dan akan menumpahkan darah. Ayat ini kemudian ditutup dengan pernyataan dari Tuhan, ” Sesungguhnya Aku (Allah) mengetahui apa yang tidak kamu (malaikat) ketahui. Pernyataan terakhir ini, barangkali akan menjadi rahasia yang tidak mudah untuk di ulas. Aku sering bertanya pada diriku. Apakah aku (kusni) sebagai manusia, mengetahui yang malikat tidak ketahui tersebut.
Aku merasa, manusia memang makhluk yang luar biasa, dia diberi pilihan untuk menentukan dirinya sendiri, banyak sifat-sifat yang dimiliki oleh Allah, manusia diizinkan untuk memilikinya, walaupun hanya sangat amat sedikt kadarnya, misalnya: Tuhan punya sifat Maha Pengasih dan Penyayang, maka kita juga punya jiwa yang dapat merasakan kasih sayang, dan diberi kemampuan untuk memberi maupun menerima rasa kasih sayang ini. Allah Maha pengampun, maha pemberi maaf, maka manusia juga diberi kemampuan untuk memaafkan kesalah orang lain. Allah punya sifat Maha Kaya….Maha pemberi Rezeki, maka manusia juga mengenal apa itu yang disebut kaya dan punya kemampuan untuk memberi rezeki kepada sesama.
Justru adanya istilah Maha yang melekat pada sifat-sifat Allah, maka sebetulnya ini menunjukkan bahwa sifat-sifat tersebut juga dimiliki dan dapat dirasakan oleh manusia.
Kemudian……….. kenapa kita sebagai manusia yang dipilih sebagai khalifah di muka bumi ini ?, kenapa kita yang dipilih untuk memakmurkan dan dijadikan wakil di bumi ini oleh Allah. Bahkan di setiap kegiatan kita yang baik kita di anjurkan untuk membaca Bismilahirrahmanirrahiim ( Dengan Asma Allah yang maha Pengasih lagi Maha Penyayang). Luar biasa…..kita melakukan sesuatu di bumi ini diminta untuk selalu ingat bahwa kita melakukan kegiatan tersebut atas nama Allah.
Ya…intinya memang kondisi manuasia yang sering berperang itu adalah bagian yang sudah ditentukan oleh penciptanya. Buktinya sejak dulu sampai sekarang dan saya yakin sampai kiamat nanti kejadian tersebut akan selalu ada. Senag atau tidak….setuju atau tidak perang akan selalu ada…….Sehingga yang penting adalah menyiapkan diri untuk melakukan sesuatu yang harus dilakukan. Apa itu ? Nanti ya…saya tulis di tulisan lain.
Salam perang dan menang

Tentang muhammadkusni

dosen itb
Pos ini dipublikasikan di pengetahuan agama, Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s