Catatan Kuliahku. Bagian Aeroelastisitas.


Kuliah aeroelastisitas merupakan kuliah favoritku. Sejak SMA aku sudah tertarik dengan pelajaran getaran yang merupakan dasar untuk kuliah aeroleastisitas. Ketertarikanku terhadap pelajaran getaran sudah muncul sewaktu aku masih sekolah di SMA negeri I Solo. Waktu itu, pada suatu kesempatan,  bapakku bercerita tentang anak teman bapak yang lulus teknik mesin ITB dan  mendalami bidang getaran pesawat. Waktu itu aku sebagai anak SMA sangat terheran-heran dan bangga , melihat ada orang yang ahli mengenai getaran pesawat.

Cerita bapakku diatas  mungkin yang membawa aku masuk ke teknik Mesin ITB, kemudian membawaku masuk ke jurusan teknik penerbangan, yang terakhir aku mengambil spesialisasi mengenai getaran dan aeroelastisitas. Sekarangpun di ITB aku mengasuh matakuliah getaran dan aeroleastisitas. Web mata kuliah yang aku asuh dapat di akses di sini dengan menggunakan username : webkusni dan password: bergetar.

Untuk menunjukkan apa itu aeroelastisits, maka berikut aku tunjukkan video mengenai fenomena aerolelastisitas yang terjadi di pesawat terbang dan yang terjadi di jembatan. Silakan di klik disini untuk melihat fenomena aeroelatisitas.  Pada proyek pembuatan peasawat terbang dan pembuatan jembatan, tugasku adalah membuat agar pesawat terbang atau jenbatan yang dibuat  tidak mengalami peristiwa seperti di video tersebut.

Untuk dapat merancang pesawat terbang maupun jembatan sehingga tidak terjadi fenomena seperti pada video diatas, maka aku harus belajar ilmu aerolelastisitas. Untuk belajar aeroelastisitas, aku harus belajar ilmu getaran dan ilmu aerodinamika tak stasioner. Aku belajar aeroleastisitas dari guruku, yaitu Prof . Dr. Ir H. Djojodihardjo, Dr. Ir.  Wajan Tjatra , Dr.Ir. L. Gunawan dan  Dr. Ir. Bima Prananta. Sempat belajar juga dari Prof. Swan di Belanda. Berikut adalah catatan kuliah aeroelastisitas yang masih aku simpan hingga sekarang. Catatan kuliahku aku bagi menjadi dua bagian , yaitu aeroelastik statik dan aeroelastik dinamik. Silakan di klik di sini untuk melihat catatan aeroleastik statik. Dan silakan diklik di sini untuk melihat catatan kuliah aeroleastik dinamik. Dan silakan di klik di sini untuk melihat contoh soal yang harus dikerjakan oleh para mahasiswa yang ingin lulus dari kuliah ini. Tapi maaf ya tulisannya kayak tulisan dokter kalau sedang membuat resep. Tapi kalau resep dokter dibuat tulisannya jelek agar tidak mudah ditiru orang, tapi kalau catatnku tulisannya jelek, karen amemang tulisanku jelek. Tapi alhamdulillah masih ke baca. Buktinya dulu banyak yang pinjam catatnku. He..he…

Salam Aeroelastisitas

Kusni

Tentang muhammadkusni

dosen itb
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s