Leader


Aku memahami bahwa di alam ini Allah SWT menciptakan sesuatu dengan pola tertentu. Misalkan struktur atom dan struktur alam raya ini punya kesamaan. Pada sistem atom dikenal inti atom yang dikelilingi oleh elektron-elektron. Pada sistem tata surya, kita mengenal matahari yang dikelilingi oleh planet-planet. Prinsip-prinsip kesetimbangan gaya-gaya yang bekerja pada kedua sistem tersebut juga mempunyai kesamaan.

Aku juga melihat bahwa struktur suatu organisasi dan struktur tubuh manusia juga mempunyai kemiripan. Pada struktur organisasi kita mengenal adanya pemimpin. Pemimpin dalam suatu organisasi bertindak bagaikan kepala pada tubuh manusia, dimana pada kepala manusia ada otak yang berfungsi untuk menggerakkan semua organ yang ada di tubuh manusia. Begitu juga otak ini berfungsi untuk pengatur koordinasi seluruh sistem yang ada di tubuh manusi. Otak ini juga harus mempunyai kreatifitas dan imajinasi untuk dapat menentukan langkah-langkah yang berjangka panjang.

Kalau dalam organisasi, pimpinan tidak mempunyai kapasitas yang cukup, maka organisasi akan berjalan sangat lambat. Walaupun anggota badan atau organ seseorang masih bagus, tetapi kalau pemimpinnya tidak mempunyai kepemimpinan yang baik , maka ibaratnya orang yang anggota badanya bagus, tetapi otaknya kena stroke, maka akan terlihat bahwa orang tersebut kemampuannya sangat minimal.

Belajar dari tubuh kita, seharusnya dalam sistem organisasi, semua elemen organisasi harus dipandang penting dan dihargai sepadan dan proposional yang berkeadilan. Semua organ yang dimiliki oleh tubuh tersebut harus memperoleh aliran darah yang cukup, sehingga tidak terjadi kerusakan pada organ atau anggota badan. Begitu juga pada organisasi , dari pimpinan sampai tukang sapu harus tahu arah yang akan dituju, dan harus memperoleh aliran pendapatan yang mencukupi kehidupannya.

Walaupun kaki letaknya di bawah dan dia  harus bekerja kasar menapak langkah-demi langkah untuk mendapatkan kemajuan dalam hidup, dia sama pentingnya dengan otak yang letaknya diatas. Kita pasti tidak mau punya otak yang baik tetapi tidak mempunyai kaki atau tangan.

Melihat ilustrasi tersebut, dapat dilihat bahwa memilih pemimpin yang diharapkan mempuanyai kemampuan memimpin yang baik adalah sesuatu yang sangat penting dalam suati organissasi. Kemampuan memilih pemimpin yang baik dalam suatu organisasi adalah sesuatu yang sangat penting.

Salam Leader

Kusni

Tentang muhammadkusni

dosen itb
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s