Memahami Surat Ath-Thaariq Dengan Ilmu Pengetahuan. (Bagian Geologi)


Di tim tafsir kontemporer masjid salman-itb, aku di beri amanah sebagai sekertarisnya. Sebenarnya dengan kegiatan rutinku sebagai dosen, aku hanya sedikit dapat meluangkan waktu untuk memegang amanah ini. Tetapi akhir-akhir ini aku merasakan bahwa ada untungnya aku terlibat di tim ini, yaitu aku jadi tahu isi Qur’an, terutama untuk ayat-ayat yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan alam.

Salah satu yang berkesan adalah  interpretasi ayat ke 12 surat ath-thaariq, yang berbunyi: Wa l-ardhi dzaati sh-shad’i, yang terjemah harfiahnya adalah : ” Demi bumi yang mempunyai belahan”. Dan juga syurat Asy-Syuura ayat 32 yang terjemahnya adalah: “Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah kapal-kapal yang berlayar di laut seperti gunung-gunung “.  Dulu aku pernah baca ayat-ayat ini, tetapi belum memahami seperti sekarang ini. Sekarang kalau membaca ayat ini , kebesaran Allah terbayang dalam benakku.

Kalau dulu saya bertanya-tanya sendiri kenapa kapal-kapal yang berlayar di laut disamakan dengan gunung. Sekarang mulai terkuak bahwa lapisan kulit bumi ini seolah-olah kapal yang berlayar diatas cairan magma bumi yang panas. Aku juga sempat kepikir kenapa kapal-kapal yang berlayar di laut yang disamakan dengan kondisi gunung yang berlayar diatas cairan magma. Kenapa tidak sebaliknya ?. Terakhir aku berfikir bahwa gunung yang berlayar diatas cairan magma , keberadaanya adalah lebih awal di alam ini dibanding dengan keberadaan kapal-kapal tersebut. Sehingga pantas kondisi kapal-kapal tersebut yang disamakan dengan  kondisi gunung-gunung. Maha besar Allah.

Untuk memahami lebih baik kedua ayat tersebut, mari kita pelajari ilmu geologi.  Menurut ilmu geologi, bumi memiliki suhu internal paling tinggi dibandingkan dengan planet-planet lain, sehingga bumi mempunyai kulit yang paling tipis dengan kedalaman cuma sekitar 50 km. Suhu internal yang tinggi menyebabkan kulit yang tipis ini terbelah menjadi enam atau tujuh belahan besar yang disebut lempeng (plate).

Lapisan di bawah kulit memiliki suhu cukup panas sehingga mampu bergerak, dan gerakan konveksi magma ini mendorong lempeng-lempeng bumi. Gerakan lempeng-lempeng ini sering menyebabkan gempa bumi dan bahkan sering terjadi tsunami. Gerakan lempeng-lempeng ini orde waktunya adalah ratusan tahun, tetapi karena massanya sangat besar, maka energi kinetiknya juga sangat besar. Energi yang sangat besar ini kadang-kadang harus dilepaskan sedikit demi sedikit berupa letusan gunung berapai . Kita harus bersyukur dilepaskan nya energi kinetik ini sedikit demi sedikit sehingga manusia terhindar dari kemusnahan, bayangkan kalau ditahan tidak meletus-meletus dan akhirnya diledakkan pada waktu tertentu, maka letusannya dapat mengakibatkan gempa yang amat dahsyat.

Untuk lebih memahami fenomena belahan / lempengan geologi ini, sila jenguk tautan berkut: http://www.youtube.com/user/muku67#p/a/u/0/iCtgSOixEGY

Salam Geologi

Kusni

Tentang muhammadkusni

dosen itb
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Cerita, pengetahuan, pengetahuan agama. Tandai permalink.

2 Balasan ke Memahami Surat Ath-Thaariq Dengan Ilmu Pengetahuan. (Bagian Geologi)

  1. Dodik Setiawan Nur Heriyanto berkata:

    membaca tulisan anda… semakin tergetar ilmu Alloh sungguh tiada tandingannya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s