Memahami Surat Ath-Thaariq Dengan Ilmu Pengetahuan. (Bagian Biologi)


Aku menulis tentang ayat-ayat al-qur’an ini bukan karena aku ahli al-qur’an, tetapi karena aku sedang jadi tukang edit film dan kamerawan amatiran bagi tim tafsir kontemporer masjid salman itb. Aku hanya berniat mendokumentasikan dan menyebarkan pemahaman ini ke masyarakat yang lebih luas, sehingga usaha yang telah dilakukan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang lebih luas.

Pada kesempatan ini aku akan sampaikan resume paparan ust. drs. Irfan Anshory pada kajian surat Ath-thaariq ayat 5-7. Ayat kelima sampai ke tujuh surat Ath-thaariq berbicara mengenai masalah Biologi. Falyanzhuri  l-insaanu mimma khuliq. Khuliqa min maa’in daafiq. Yakhruju min baini sh-shulbi wa t-taraa’ib. (QS Ath-Thaariq ayat 5 – 7). Artinya: “Maka hendaklah manusia menalari dari apa dia diciptakan. Diciptakan dari air yang memancar. Keluar dari shulb dan taraa’ib“. Para mufasir jaman dulu, menginterpretasikan “air yang memancar” pada ayat ini adalah dengan sperma laki-laki, yang keluar dari antara tulang punggung (shulb) dan tulang dada (taraa’ib)”. Ternyata bahwa interpretasi ini perlu dikoreksi dan diperbaiki, karena sejak pembentukannya sampai pengeluarannya, sperma tidak berhubungan dengan tulang punggung dan tulang dada.

Kami meng-interpretasikan bahwa ayat 5 sampai 7 surat Ath-thaariq bukanlah bercerita tentang sperma, tulang punggung dan tulang dada, seperti interpretasi para ulama-ulama zaman pra-modern, melainkan bercerita tentang air yang memancar dari antara bebatuan keras (shulb) dan tanah lembut (taraa’ib) pada kulit bumi. Kata shulb berarti ” sesuatu yang keras”, yang berasal dari kata kerja shaluba (“mengeras”). Kata taraa’ib berarti ” sesuatu yang berdebu”, dari kata kerja tariba (“menjadi debu”), dan satu akar kata dengan turab (“debu tanah”). Interpretasi ini lebih relevan dengan konteks ayat-ayat sebelumnya, yang berbicara tentang air. Wa Allahu A’alam Bi showaf.

Untuk melihat dan mendengarkan paparan dari ust. drs. irfan anshory, sila dibuka tautan ini: http://www.youtube.com/watch?v=iCtgSOixEGY&feature=mfu_in_order&list=UL

Salam Biologi

Kusni

Tentang muhammadkusni

dosen itb
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Cerita, pengetahuan, pengetahuan agama. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Memahami Surat Ath-Thaariq Dengan Ilmu Pengetahuan. (Bagian Biologi)

  1. FAQIH berkata:

    sangat menarik kajian surat Ath-thaariq ayat 5-7, singkat penuh makna

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s