Memahami Surat Ath-Thaariq Dengan Ilmu Pengetahuan. (Bagian Hidrologi)


Ayat ketiga dari surat at-thaariq adalah An-najmu tsaaqib yaitu “Benda langit yang melubangi”. Benda-benda langit selain matahari dan bulan dalam bahasa arab disebut dengan istilah najm. Sedangkan tsaaqib berasal dari kata kerja tsaqaba yang artinya adalah melubangi. Jadi benda langit yang melubangi di sini menurut interpretasi kami adalah komet yang pada awal-awal pembentukan tata surya  membombardir atau melubangi permukaan planet-planet.

Penelitian terhadap spektrum-spektrum yang dipancarkan oleh komet-komet yang mendekati bumi menunjukkan bahwa perbandingan isotop hidrogen dan deuterum pada H2O air laut ternyata sama persis dengan H2O pada komet-komet tersebut.  Lebih dari 100.000 komet telah berbenturan dengan bumi selama semiliar tahun pertamanya, membawa air ke permukaan bumi. Hal ini terkuak dengan penelitian jarak dekat dengan komet Haley pada tahun 1986, ketika komet itu mendekati bumi.

Ayat 4 surat Ath-Thaariq berbunyi: In kullu nafsin lammaa alaihaa haafizh , yang terjemahnya adalah: “tiada setiap jiwa tanpa ada atasnya pemelihara“. Dalam tafsir-tafsir lama yang dimaksud pemelihara di sini adalah malaikat. Interpretasi seperti tersebut sah-sah saja, karena memang ada dasarnya. Tetapi memahami interpretasi ayat ini dari sudut pandang ilmu pengetahuan bukan juga hal yang salah. Karena maksud satu ayat bisa jadi memang tidak hanya satu. Kalau kita kaitkan dengan adanya komet yang membawa air ke bumi, maka  “pemelihara” pada ayat empat ini kita interpretasikan dengan air. KArena air memang pemelihara kehidupan ini.

Beberapa ayat yang lain yang menunjang tentang interpretasi kata “pemelihara” = air yaitu: “Dan Allah menurunkan dari langit air, maka hiduplah dengan air itu bumi sesudah matinya” An-Nahl 65. Tentang fungsi-fungsi air sebagai pemelihara bumi ini dapat dilihat selengkapnya pada video yang telah aku buat bersama teman-temanku  di salman ITB. Berikut tautannya:

http://www.youtube.com/watch?v=_ulK-MtkmjI&feature=mfu_in_order&list=UL

Kami jangan dimarahi ya kalau menginterpretasikan quran seperti ini. Yang dimarahi yang gak pernah belaja qur’an aja ya.

Salam Hidrologi

Kusni

Tentang muhammadkusni

dosen itb
Galeri | Pos ini dipublikasikan di pengetahuan, pengetahuan agama. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s