Poligami…


Aku sebenarnya mau nulis masalah poligami  ini agak males, karena pasti kontroversi. Poligami dalam islam diizinkan. Coba kita lihat ayatnya dan asbabul nuzulnya

Dan jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yatim (bilamana kamu mengawininya), maka kawinilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi: dua, tiga atau empat. Kemudian jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil, maka (kawinilah) seorang saja, atau budak-budak yang kamu miliki. Yang demikian itu adalah lebih dekat kepada tidak berbuat aniaya. QS: An-Nisa ayat 3.

Ayat ini bukan ayat untuk menyuruh orang laki berpoligami. Setengah tahun yang lalu aku diterangkan bapakku tentang ayat ini, beliau mengatakan bahwa dalam kitab ibnu katsir dikatakan bahwa ayat tiga ini berhubungan dengan ayat keduanya yaitu:

Dan berikanlah kepada anak-anak yatim (yang sudah balig) harta mereka, jangan kamu menukar yang baik dengan yang buruk dan jangan kamu makan harta mereka bersama hartamu. Sesungguhnya tindakan-tindakan (menukar dan memakan) itu, adalah dosa yang besar. QS: AN-Nisa 2.

Jadi ayat 3 ini kelanjutan dan masih ada hubungannya dengan ayat sebelumnya, yaitu ayat dua yang membicarakan masalah harta anak yatim.  Jadi dalam kitab ibnu katsir tersebut disebutkan bahwa jika ada perempuan yatim dalam perlindunganmu dan hartanya nyampur dengan punyamu dan  kamu khawatir tidak dapat memberinya mahar yang memadai, maka beralihlah kepada wanita selainnya, sebab wanita lain juga masih banyak.

Nah ini, aku dapat lagi satu ayat di surat an-nisa  :  129

Dan kamu sekali-kali tidak akan dapat berlaku adil di antara istri- istri (mu), walaupun kamu sangat ingin berbuat demikian, karena itu janganlah kamu terlalu cenderung (kepada yang kamu cintai), sehingga kamu biarkan yang lain terkatung-katung. Dan jika kamu mengadakan perbaikan dan memelihara diri (dari kecurangan), maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Lagi-lagi Allah yang maha pengampun dan penyayang memberikan ampunan dan kasih sayang – nya kepada hambanya yang sudah berusaha untuk adil kepada istri-istrinya.

Dari ayat-ayat diatas jelas bahwa islam memperbolehkan mempunyai  istri lebih dari satu itu, walaupun itu bukan hal yang diperintahkan untuk dilakukan.

Tapi aku sering bergurau dengan teman-teman, kalau mau mengikuti nabi muhammad berpoligami harus konsisten ya, yaitu istri pertamanya adalah janda dan lebih tua, dan istri keduanya dinikah setelah istri pertama meninggal. Dan itupun yang selalu di puji-puji adalah istri yang pertama. He..he… sulit juga ya konsisten kalau mau niru nabi berpoligami.

Tapi kalau aku sendiri melihat laki-laki yang beristri lebih dari satu, seringnya ngiri…Aku menilai dia suami yang hebat….(ini yang bertanggung jawab lho), dan dalam benakku seharusnya istrinya juga senang, karena tugasnya menjadi tidak terlalu berat . Bisa dibagi-bagi antar istri. Asal istri-istrinya bisa rukun. He..he…Itu pendapatku…….

SAlam poligami

kusni

Tentang muhammadkusni

dosen itb
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Cerita, pengetahuan agama. Tandai permalink.

2 Balasan ke Poligami…

  1. mukhlason berkata:

    kapan diwujudkan Pak ? hehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s