Kapan kebenaran akan ada


Dua hari yang lalu aku ditanya teman sekantor ” Kus, menurut kamu letaknya kebenaran itu dimana ?”. Aku kelihatan bingung untuk menjawabnya. Kemudian dia berusaha untuk memperjelas pertanyaannya, ” Kapan kebenaran itu ada ? “. Aku semula mau menjawab , ” Besok di akherat “. Tapi jawaban itu aku urungkan, walaupun sebenarnya menurutku benar. Aku akhirnya menjawab dengan menegaskan pertanyaan dia dulu, yaitu bahwa dia bertanya kapan kebenaran itu akan ada. Aku berusaha menjawab pertanyaan itu dengan mengatakan begini ” Kebenaran akan ada di Indonesia ini, jika kaum nasionalis dan kaum religius di negeri ini sudah saling meninggalkan egonya dan sudah saling memahami dan saling mengerti antara satu dengan yang lain, kemudian dengan kebersamaan mereka membangun negeri ini. Kebenaran akan datang pada saat, segolongan mereka sudah tidak mengklaim bahwa dirinya yang paling benar dibanding yang lain.

Kenapa seperti itu, karena sesungguhnya manusia itu sangat terbatas,  sangat naif untuk menterjemahkan semua kebenaran dari ALlah. Sebagian kita hanya mampu menerima sebagian kecil kebenaran itu sendiri, kemudian sebagian yang lain hanya mampu menyerap sebagian kecil kebenaran itu sendiri. KAlau ada kelompok manusia mampu memahami 100 % kenbenaran, maka dia sudah menjadi Tuhan.  Sehingga sebelum setiap kelompok manusia di bumi ini untuk saling memahami dan saling menasehati  serta saling mengisi, maka kebenaran itu tidak akan pernah ada.

Sehingga sikap untuk memahami kebenaran dari fihak lain kemudian merespon secara positif kebenaran yang datang dari fihak lain dengan sikap amar ma’ruf nahi mungkar, yang artinya kalau kebenaran itu ternyata salah ya kita luruskan saja, kalau memang benar juga menurut kita ya kita ambil saja kebenaran itu. Kalau ternyata tidak sepakat, ya kita sepakat aja untuk tidak sepakat saat ini, nanti kita tunggu lagi, biar waktu yang menentukan.

Salam Kebenaran

Kusni

Tentang muhammadkusni

dosen itb
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Cerita, negeriku, pengetahuan agama. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Kapan kebenaran akan ada

  1. Rbd berkata:

    Blog Anda cukup menarik, saya lagi nyari bahan untk menulis filosofis bom, bahwa bom apalagi nuklir mempunyai kekuatan yang luar biasa. Intinya sebenarnya bom itu dari bahan yang berbeda trus disusun oleh ahlinya maka akan menghasilkan bom yang luar biasa. Anda juga menulis tentang kebenaran, saya dl aktif dikampus dlm bidang keislaman, ya gitu de, banyak yang mengaku benar, padahal benar mengacu pada pemahamannya sendiri. Belakangan titik gelap itu sedikit terbuka, memang kebenaran itu bersumber dari ALLAH

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s