Kwantitas Perlu….


Sebagai negara yang luas, dan dengan jumlah penduduk yang sangat banyak, maka agar sentuhan engineering pada alam di indonesia dapat dilihat dan dirasakan oleh mayarakat, maka jumlah minimal insinyur di negara ini harus melampau jumlah tertentu. Begitu juga untuk bidang dirgantara, maka agar kiprah insinyur penerbangan di indonesia dapat dirasakan , maka jumlah insinyurnya juga tidak boleh terlalu sedikit.

Bidang manufacturing/pembuatan pesawat dan bidang jasa operasi pesawat sudah tumbuh di Indonesia, agar kedua lini tersebut tetap tumbuh dengan baik, maka perlu jumlah insinyur yang cukup pada kedua lini tersebut. Jumlah universitas penghasil insinyur penrbangan tidak sebanyak jumlah universitas yang menghasilkan insinyur-insinyur yang lain. Jurusan teknik mesin, teknik sipil, teknik industri mudah kita peroleh di unversitas-universitas negeri di Indonesia. Untuk teknik penerbangan perguruan tinggi negeri yang mempunyai jurusan teknik penerbangan hanya ITB, dan itupun pertahun hanya mengambil mahasiswa sebanyak 70 mahasiswa. Itupun pasti ada yang kena droup out.

Perlu dibuka jurusan penerbnagan di universitas-universitas negeri lainnya, mungkin diperlukan sampai 5 universitas, sehingga tidak kalah dengan malaysia. MAlaysia dengan penduduknya yang tidak sampai sepertiga dari penduduk indonesia sudah melampaui dari segi kwantitas dari negeara kita. Saya yakin dengan makin banyaknya alumni penerbangan yang ada di indonesia, maka akan makin terlihat kiprahnya.

Salam Kwantitas

Kusni

Tentang muhammadkusni

dosen itb
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Dirgantara. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s