Keilmuan Teknik Penerbangan


Dalam pranata keilmuan di dunia ini, dikenal maupun tidak dikenal oleh masyarakat kita, maka ilmu teknik penerbangan merupakan keilmuan yang berdiri sendiri. Kita tengok di beberapa negara, baik yang sudah maju maupun yang sedang berkembang, maka keilmuan teknik penerbangan ini berdiri sendiri, entah disebut jurusan teknik penerbangan, departemen teknik penerbangan , program studi teknik penerbangan, atau fakultas teknologi dirgantara.

Keilmuan ini diharapkan mampu membekali seseorang dengan ilmu-ilmu yang akan digunakan untuk mengurusi masalah kedirgantaraan di suatu wilayah tertentu. Wilayah tertentu ini tergantung pada seberapa besar kita akan mengambil pangsa pekerjaan yang ada. Bisa hanya  lingkup satu negara, maupun  lingkup dunia.

Kalau dilihat realitasnya, maka urusan masalah kedirgantaraan dimulai dari desain pesawat terbang, kemudian dilanjutkan pada masalah manufacturing dan vabrikasi, kemudian sertifikasi dan delivery. Setelah sampai pada operator, maka masalah operasi dan perawatan pesawat menjadi urusan yang harus ditangini oleh para alumni penerbangan.

Dengan fakta bahwa di Indonesia terdapat industri manufacturing peasawat dan industri jasa pengoperasian pesawat terbang, maka pendidikan teknik penerbangan di Indonesia juga harus mencakup hal tersebut diatas, yaitu mencakup keilmuan desain dan manufacturing pesawat terbang dan keilmuan operasi dan maintenance pesawat terbang.

Saat ini ada satu program studi negeri  teknik penerbangan di Indonesia, dan ada tiga atau empat fakultas teknologi dirgantara swasta di Indonesia. Program studi negeri tersebut berada di Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara – ITB dan bernama Program Studi Aeronautika dan Astronautika.

Salam Aeronautika dan Astronautika

Kusni

Tentang muhammadkusni

dosen itb
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Dirgantara, pendidikan. Tandai permalink.

2 Balasan ke Keilmuan Teknik Penerbangan

  1. Awang Bhaswara berkata:

    Proud of you pak.

    Salam buat keluarga di cipageran pak khusni, jika berkunjung ke cimahi saya insya allah mampir ya pak.

    Salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s