Fisika Zat Padat dan Elektronika


Waktu meng-upload materi pelajaran kuliah SMA , ada komentar seorang pengunjung blok ini, mengatakan bahwa materi  waktu dia SMA tidak sama dengan materi yang aku upload. Dari informasi itu aku tambah percaya diri, bahwa upload materi pelajaranku ada manfaatnya, setidaknya orang lain tahu bahwa materi fisika waktu jamanku adalah seperti tersebut. Aku jadi tambah semangat untuk meng upload semua materi pelajaran yang aku miliki. Tidak semua pelajaran sih, hanya pelajaran yang aku suka. Aku juga jadi tertarik untuk meng upload materi kuliahku. Insya Allah nanti kalau Allah masih memberi aku waktu dan umur.

Untuk kali ini ada satu bab yang aku upload, yaitu mengenai Fisika Zat Padat dan Elektronika. Bab ini membahas mengenai struktur Zat PAdat. Pada bab ini dibahas mengenai ikatan antar atom dan antar molekul. Beberapa sub bab dibahas pada bab ini yaitu sub bab ikatan ionik/elektrovalen, ikatan kovalen/ikatan atom, ikatan kombinasi ionik dan kovalen, ikatan logam dan ikatan van der walls. Kemudian dibahas mengenai kristal dan amorf.

Pembahasan dilanjutkan menegnai semi konduktor. Pada semi konduktor disampaikan mengenai spektrum hambat jenis zat padat, dilanjutkan pambahasan mengenai teori pita energi. Pada sub bab selanjutnya ditulis menegnai termistor dan penunda arus. Kemudian dilanjutkan pembahasan mengenai fotokonduksi dan penyaring (filter) . Dan dilanjtkan  dengan semikonduktor intrinsik jenis N dan jenis P.

Dioda semikonduktor adalah sub bab selanjutnya yang dibahas. Bagian terakhir membahas tentang transistor, trioda dan sinar Laser. Contoh contoh soal dan jawaban diberikan pada bagian akhir catatan saya. Silakan dibuka buku catatan ku pada tahun 1985. Terima aksih Pak Jhon. Guru SMA ku.

Salam Fisika Zat Padat dan Elektronika.

Kusni

Tentang muhammadkusni

dosen itb
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Catatan Buku SMA-ku. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s