Transmutasi Inti


Transmutasi Inti adalah reaksi inti yang sengaja kita lakukan, dengan jalan menembaki inti atom dengan menggunakan partikel -partikel netron , proton , detron dan partikel alfa. Apabila yang digunakan adalah partikel netron, dimana partikel netron adalah tidak bermuatan positif maupun negatif, maka netron yang ditembakkan ini tidak akan ditolak oleh inti atom yang bermuatan positif, sehingga partikel netron yang ditembakkan tidak perlu mempunyai kecepatan yang tinggi.

Berbeda dengan netron , partikel-partikel proton, detron dan partikel alfa, karena bermuatan positif, sehingga apabila ditembakkan ke inti atom yang bermuatan positif, maka cenderung akan ditolak. Agar tetap menabrak inti atom , maka perlu kecepatan yang tinggi sekali. Untuk mempercepat partikel-partikel yang bermuatan positif tersebut maka diperlukan alat yang disebut siklotron. Pada reaksi inti berlaku hukum:

a) Jumlah nomor atom sebelum dan sesudah reaksi adalah sama b) Jumlah nomor massa sebelum dan sesudah reaksi adalah sama c) Jumlah massa + energi sebelum dan sesudah reaksi adalah sama . Dalam hal ini pengurangan massa berubah menjadi energi.

Salam Transmutasi Inti

Kusni

Tentang muhammadkusni

dosen itb
Galeri | Pos ini dipublikasikan di pengetahuan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s