Siklotron


Berita terakhir yang cukup hangat di media masa adalah peristiwa gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Jepang, yang mengakibatkan beberapa reaktor nuklir di Jepang bocor.

Aku buka buku catatan Fisika ku SMA ( Tahun 1985) , ada satu bagian yang membahas tentang Siklotron. Siklotron ini ada hubungannya dengan mekanisme pada reaktor nuklir. Aku akan ringkaskan sedikit di sini dan yang tertarik silakan dibuka tautan dibawah.

Siklotron adalah alat untuk mempercepat/ memperbesar energi kinetik partikel-partikel bermuatan sehingga dapat untuk melakukan reaksi inti transmutasi. Transmutasi inti adalah reaksi inti atom yang sengaja kita lakukan. Untuk itu inti atom ditembaki dengan partikel tertentu, partikel yang digunakan dapat berupa netron, proton, detron dan partikel alfa. Inti atom yang ditembaki partikel itu akan pecah menjadi inti atom unsur yang lain, sambil mengeluarkan energi.  Energi yang dihasilkan inilah yang digunakan untuk menggerakkan turbin-turbin penghasil Listrik

Untuk lengkapnya silakan buka buku catatanku waktu SMA berikut. Terima aksih Pak Jhon yang telah memberikan ilmu kala itu.

Salam Siklotron

Kusni

Tentang muhammadkusni

dosen itb
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Catatan Buku SMA-ku, pengetahuan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s