Kendaraan berbahan bakar rumput


Kalau aku sedang menuju kantor , maka akan ketemu dengan prototipe-prototipe kendaraan yang ramah lingkungan. Kendaraan tersebut energinya berasal dari tumbuh-tumbuhan dan terutama dedaunan dan dari barang-barang yang renewable. Kendaraan itu rodanya ada yang dua dan ada yang empat. Dapat mengangkut penumpang hingga 6 orang. Kendaraan ini di gerakkan oleh penggerak dengan daya sekitar 740 watt.

Penggerak kendaraan ini mempunyai kemampuan untuk merecover dan self maintenance. Teknologi kendaraan ini berbeda dengan teknologi kendaraan menggunakan ethanol / bio diesel. Karena bahan bakar kendaraan ini langsung daru tanama (rumput/daun-daun , dll) .Harga jual kendaraan ini juga tidak terlalu mahal, masih dibawah harga Xenia second dan yang standart. Untuk pendingin alat penggeraknya masih diperlukan air, walaupun sistem pendinginannya sangat berbeda dengan kendaraan yang ada selama ini.

Masih ada beberapa kelemahan pada kendaraan ini, yaitu kecepatannya yang masih sulit untuk ditingkatkan, dan ada sisa buangan yang agak menggangu lingkungan. Walaupun agak mengganggu lingkungan noise dari kendaraan ini masih relatif rendah, sekitar 30 decibell, pada rentang frekwensi dari 20 Hz – 20 kHz. Kelemahan lain yang masih ditemukannya adalah kemampuan menouverabilitynya yang masih jelek. Kendaraan ini diharapkan mampu menggantikan kendaraan yang berbahan bakar minyak bumi, pada saat bumi sudah kehabisan minyak. Anda diharapkan mampu menyempurnakannya kelak . Contoh prototipe yang belum disempurnakan dapat diklik di sini.

Setelah anda melihat contoh kendaraan tersebut, aku ingin menekankan lagi bahwa kita harus sungguh-sunguh untuk mengembangkan kendaraan ini. Beberap riset yang perlu dilakukan adalah tentang bioteknolgi untuk meningkatkan kecepatan kendaraan ini. Kendaraan ini akan jadi primadona di pedesaan, tentu saja setelah puluhan insinyur dan para scientist melakukan risetnya di bidang ini. Ini serius lho, saya tidak main-main.

Salam Kendaraan berbahan bakar rumput

kusni

Tentang muhammadkusni

dosen itb
Galeri | Pos ini dipublikasikan di pengetahuan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s