Sajadah


Waktu jum’atan di masjid, aku ingat perkataan teman yang dia mengatakan bahwa sajadah sudah berubah fungsi, yang semula sebagai alas untuk sholat, sekarang ini sajadah sudah berubah fungsi sebagai alat untuk meng-claim wilayah. Waktu mendengar paparan temen tersebut aku senyum-senyum saja, karena kalau kita perhatikan memang benar perkataan teman tersebut. Ada orang ke masjid , agar tempatnya tidak dipakai oleh orang lain, maka dia menggelar sajadah dan ditinggalkannya sajadah itu sebagai tanda bahwa tempat itu sudah dipakai oleh seseorang.

Juga kalau kita lihat luas sajadah juga macam-macam, ada yang kecil, ada yang besar, ada yang panjang dan ada yang pendek. Aku geli juga kalau melihat ada orang yang kecil tapi sajadahnya besar dan lebar, maka orang yang ada di atsnya merasa bahwa tidak boleh orang lain menginjakkan kakinya di atas sajadahnya, begitu tuga orang yang sajadahnya kecil . tapi badannya besar , seakan-akan merasa bahwa dia tidak berhak sampai keluar dari sajadahnya. Juga kalau kita menngelar sajadah maka sajadah kita juga tidak boleh menutupi sajadah sebelahnya, begitu juga sebaliknya.

Ternyata sekarang ini sajadah telah memisahkan rasa silaturahmi , bahkan dengan orang yang duduk di sebelah kita. Diam-diam sajadah makin mengeksistensikan diri sebagai alat keegoan manusia yang ada diatasnya.

Salam sajadah

Kusni

Tentang muhammadkusni

dosen itb
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Cerita, pengetahuan agama. Tandai permalink.

2 Balasan ke Sajadah

  1. cecep1 berkata:

    Assalamu’alaikum…Ana cecep, pemain blog baru… Ana minta masukan Antum untuk blog Ana : ceceplg.wordpress.com…Terima Kasih…ceceplg.wordpress.com

  2. kahoda berkata:

    ya nggak juga sih ! itupun tergantung keadaan, kalao memang jamaah sedang padat, mau tak mau emang harus mepet…
    sebenarnya tidak seburuk itu ! hingga memecahkan tali silaturahmi…
    hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s