FISIKA INTI


Setelah memahami bangun atom, maka catatan pelajaran Fisikaku  membahas tentang Fisika Inti. Pada bab ini kita membahas lebih dalam tentang inti atom. Bagi yang akan mempelajari tentang radioaktif dan tentang nuklir maka catatanku, insya Allah ada manfaatnya.

Catatan  dimulai dengan susunan inti atom yang membahas tentang penyusun inti dan partikel-partikel elementer. Penyusun inti terdiri dari Netron, proton . Proton dan netron ini adalah partikel yang  bermassa. Proton bermuatan positif sedangkan netron bersifat netral. Proton dan netron membentuk nukleon.

Sebenarnya atom selain ada proton , netron dan elektron, masih ada lagi positron, meson dan nutrino, serta h f. Positron adalah partikel yang muatannya positif, tetapi tidak bermassa. maka sering disebut dengan elektron positif. Meson adalh partikel yang massanya antara massa proton dan elektron, sedang muatannya bisa pos, neg, atau netral. Sedangkan nutrino adalah partikel yang massanya seperti elektron, sedangkan muatannya netral. sedangkan h f adalah energi foton atau gelombang elektromagnetik yang menurut einstein : energi juga massa.

Untuk lebih mendalami tentang Fisika Inti Silakan di KLIK DIsini

Salam Fisika Inti

Kusni

Tentang muhammadkusni

dosen itb
Galeri | Pos ini dipublikasikan di pengetahuan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s