Rajin Pangkal Pandai


Ungkapan itu cocok sekali dengan yang aku rasakan selama ini, yaitu bahwa yang lebih penting untuk menjadi murid yang pandai adalah dengan rajin belajar. Kecerdasan akan kalah dengan kerajinan untuk mencapai predikat pandai. Aku akan cerita mengenai kebiasaan ku belajar yang ternyata sesuai dengan hasil penelitian para ahli pendidikan di Amerika. Mereka melakukan riset sebagai berikut. Sekelompok orang yang mempunyai kemampuan yang sama diberi pelajaran secara bersama-sama. Kemudia sekelompok orang dari mereka diminta untuk mengulang pelajaran tersebut setelah beberapa jam, kemudian kelompok yang lain diminta mengulang setelah  sehari, kelompok yang lain diminta mengulang pelajaran tersebut setelah tiga hari, kemudia kelompok yang lain setelah satu minggu, dst. Ternyata hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa orang yang mengulang pelajaran sebelum satu hari, yaitu beberapa jam setelah pelajaran diberikan ternyata mampu menyerap ilmu yang lebih banyak dibanding dengan yang mengulang setelah beberap hari atau bahkan setelah seminggu.

Aku ternyata punya kebiasaan belajar yang  sesuai dengan hasil penelitian orang Amerika tersebut diatas, yaitu setiap mengikutu pelajaran (sejak smp, sma hingga universitas), aku selalu menulis pelajaran di kelas dengan menggunakan kertas dan pensil. Kemudian sorenya setelah pulang sekolah, aku akan menulis ulang dengan menggunakan tinta diatas kertas yang sudah ditulis dengan pensil tersebut. Kemudia tulisan pensilnya aku hapus. Sambil kadang-kadang aku tambah dengan hasil aku membaca buku pegangan.

Ternyata dengan aku menyalin kembali dan memperkaya dengan buku pegangan , maka sesuai dengan penelitian orang amerika tersebut diatas , aku mengulang pelajaran hanya setelah beberapa jam pelajaran di kelas aku terima. Dan itu memang aku rasakan sangan meringankan aku unytuk memahami pelajaran dan mengikatnya di otakku.

SAlam Rajin Pangkal Pandai

Kusni

Tentang muhammadkusni

dosen itb
Pos ini dipublikasikan di Cerita, Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s