Mangga Gincu disukai presiden US


Aku pernah membaca berita, bahwa mangga gincu yang berasal dari indonesia cukup disukai oleh orang-orang di Gedung Putih. Sebenarnya hal ini adalah isyarat buat bangsa ini untuk bisa mengembangkan bisnis mangga ke nengara lain.

Lidah orang-orang di gedung putih dapat mewakili lidah orang-orang amerika pada umumnya. Saya merasa ada kebuntuan di negara ini kalau ada kesempatan seperti tersebut. Petani kita kebanyakan tidak sempat mengenyam pendidikan yang cukup untuk bisa melakukan transaksi dengan negara lain. Keterbatasan bahasa, kemudia juga sikap rendah diri, merasa lebih rendah dari orang amerika, membuat kesempatan untuk memperluas eksport ke luar negeri menjadi masalah.

HAl tersebut harus diatasi dengan para pemuda yang telah sempat belajar hingga jenjang perguruan tinggi untuk ikut mensukseskan pemasaran hasil-hasil bumi dari negeri ini. Mereka para mahasiswa dan para pemuda yang telah digembleng di perguruan tinggi diharapkan kiprahnya yang lebih luas untuk “menjajah” negara lain. “Menjajah” negara adi kuasa tidak harus dengan senjata , cukup dengan mangga Gincu.

Salam Mangga Gincu

Kusni

Tentang muhammadkusni

dosen itb
Pos ini dipublikasikan di negeriku, Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s