Catatan Pelajaran-ku waktu SMA (Fotolistrik)


Melihat catatan pelajaran fisika materi Foto listrik (KLIK DISINI), teringat tentang solar panel (Pembangkit Listrik tenaga Matahari). Suatu ketika aku ketemu lulusan Teknik Fisika, dia sekarang mengembangkan material yang bisa digunakan untuk sel surya sebagai komponen solar panel. Waduh bangganya aku, ada orang Indonesia yang mampu mengembangkan sesuatu yang cukup strategis, karena menyangkut energi, apalagi negara kita kaya akan sinar matahari. Tapi betapa sedihnya, setelah tahu , bahwa dia mengembangkan sel surya tersebut di negara tetangga, yang barangkali mampu membayar dia lebih mahal.

Sedih juga melihat apa yang akan terjadi pada masa mendatang, dimana kita barangkali harus membeli barang-barang yang dihasilkan oleh putra-putri yang bertanah air negeri ku ini dengan menambah keuntungan yang dimasukkan ke negara tetanggak kita.

Pemimpin negeri ini harus berfikir keras lagi untuk mengatasi hal-hal seperti ini yang aku lihat terjadi terus menerus dari tahun ke tahun makin meningkat. Bagaiman ya biar mereka kerasan di negerinya sendiri ?

Salam Fotolistrik

Kusni

Tentang muhammadkusni

dosen itb
Pos ini dipublikasikan di Catatan Buku SMA-ku, pengetahuan, Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s