Persamaan Differensial Parsial


Alam ini memang diciptakan oleh Dzat yang maha tunggal. Banyak sekali fenomena alam yang dapat dimodelkan dengan suatu perumusan yang konsiten dan berpola.  Salah satu perumusannya adalah dalam bentuk persamaan differensial. Kita dapat mengelompokkan fenomena-fenomena alam tersebut dalam bentuk persamaan differensial tertentu.

Persamaan differensial ada yang disebut persamaan differensial parsial, ada yangdisebut persamaan differensial biasa.  Kalau persamaan differensial parsial maka variabel differensial bebas-nya  (yang ada di bawah) lebih dari satu. Fenomena alam yang tiga dimensi ini kebanyakan kalau dimodelkan akan menghasilkan persamaan differensial parsial. Kalau kasusnya disederhanakan, misalnya hanya dikaji untuk arah tertentu saja, maka akan diperoleh persamaan differensial biasa.

Kasus perpindahan panas, kasus getaran, kasus aerodinamika, kasus…..kasus….kalau dimodelkan dengan model matematik akan menghasilkan persaman differensial parsial. Dengan menyelesaikan persamaan differensial tersebut, maka kita akan dapat menganalisis fenomena fisik yang terjadi di alam ini. Dan tentu saja salah satu misi sebagai khalifah di bumi akan dapat berjalan dengan baik kalau kita menguasai persaan differensial ini dengan baik……..He…he…

Salam Persamaan Differensial

Kusni

 

Tentang muhammadkusni

dosen itb
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s