Pak Kyai …saya jangan dimarahi ya..Kalau Mengatakan Suhu Neraka adalah X derajat celcius


Waktu SMA saya pernah menhitung-hitung suhu neraka dengan jalan memadukan ilmu yang saya peroleh dari pelajaran fisika dan ilmu agama. Dalam ilmu fisika waktu itu saya belajat tentang rumus perpindahan panas melewati batang secara konduksi. Kemudian dalam ilmu agama saya memperoleh ajaran bahwa neraka yang paling ringan adalah apabila kaki diletakkan di neraka maka otak/kepala akan mendidih. Dengan informasi hadits tersebut dan dengan data-data dan rumus fisika sederhana , saya dapat menghitung suhu neraka.

Data tentang volume otak, kapasitas panas otak,  konduktivitas thermal badan manusia saya kumpulkan , lalu dengan rumus yang saya peroleh saya dapat menghitung panas neraka. Waktu itu saya tulis perhitungan saya dan saya tunjukkan ke orang yang pinter agama, dan saya dinasehati untuk tidak melakukan tersebut…….Padahal saya waktu itu bisa bertambah iman dengan mengetahui betapa panasnya neraka. Milyaran derajat celcius …..

Punten ya pak kyai…..saya jangan dimarahi ya…kalau saya mengatakan bahwa suhu neraka adalah milyaran derajat celcius. Saya hanya menuliskan hadits dengan bahasa yang lain yaitu dengan menggunakan ilmu yang saya pelajari.  Rumus-rumus yang saya pakai adalah sbb: Q= m . C . (TN-TO) dimana TN= temperatur Neraka, TO=temperatur Otak , C = Kalor jenis badan manusia , =q=-k.A. dT/dx Dimana :

q        = Laju perpindahan panas(w)

A        = Luas penampang dimana panas  mengalir (m2)

dT/dx = Gradien suhu pada penampang, atau laju               perubahan suhu T  terhadap jarak dalam arah  aliran  panas x

k        = Konduktivitas thermal bahan (w/moC)

Salam Suhu neraka

Kusni

Tentang muhammadkusni

dosen itb
Pos ini dipublikasikan di Cerita, pengetahuan, pengetahuan agama, Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s