Laboratorium Ergonomi IPTN


Waktu tahun 90-an dimana aku masih jadi karyawan di IPTN, ada tempat-tempat yang aku tidak berani mendekat, takut mengganggu yang orang yang sedang bekerja. Maklum tempat bekerjaku di bagian lain di IPTN.  Salah satu tempat itu adalah Laboratorium Ergonomi. Aku bisa masuk dan mengoprek alat-alat disitu pada saat saya diminta untuk mengevalusi oleh fihak swasta mengenai kelayakan alat-alat di laboratorium tersebut.

Banyak hal yang tersimpan rapat-rapat tentang kemampuan negara ini dalam merekayasa produk. Laboratorium Ergonomi dibuat untuk melakukan percobaan-percobaan tentang kenyamanan suatu produk. Misal untuk melihat kenyamanan pilot pada saat mengoperasikan pesawat maka dilakukan pengukuran kerja otot-otot pilot pada saat bekerja. Juga kerja gerakan mata dilihat dengan memakai alat yang disebut eye tracking. Kemudian tekanan yang terjadi pada tempat duduk pilot juga disensor. Distribusi tekanan pada tempat duduknya akan menentukan bentuk disain tempat duduk tertentu.

Juga bentuk pegangan kemudi dikaji , juga  ukuran dan letak pegangan dikaji. Letak panel-panel instrumentasi juga dikaji agar letaknya sedemikian hingga pilot merasa nyaman. DOkter juga dipekerjakan di laboratorium ini. Memang hebat iptn ……..kemampuannya sebenarnya dapat digunakan untuk aplikasi lain di luar produk pesawat terbang. Bisa untuk membantu desain mobil, kereta api, kapal, pabrik,……dlll.  dlll…Mau dikembangkan lagi…..dengan profesionalitas dan sisitem bisnis yang lebih baik…..

Salam Ergonomi

Kusni

Tentang muhammadkusni

dosen itb
Pos ini dipublikasikan di Dirgantara, Uncategorized. Tandai permalink.

2 Balasan ke Laboratorium Ergonomi IPTN

  1. nurrahman18 berkata:

    wah jd kangen main ke lab APK & ergonom t.ind kampus pak😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s