Getaran pada N250 pada saat First Flight


Aku ingat angka 100 hari menjelang N250 dikeluarkan ke hangar dan diterbangkan pertama kali. Waktu itu aku sebagai karyawan kerocok (prajurit paling bawah) senang sekali waktu menemukan satu hangar yang digunakan untuk merekit N250. Waktu itu aku lihat ada lampu digital yang menunjukkan angka 100 yang memberitahu kepada semua karyawan yang terlibat di N250 bahwa waktu mereka tinggal 100 hari lagi. Sejak itu tiap sore aku sebelum pulang kantor meluangkan waktu untuk melihat dari jauh proses pembuatan N250. Waktu itu aku masih karyawan baru di IPTN.

Seneng…sekali aku nungguin para pekerja itu masang ini masang itu…Dan akhirnya saat tiba waktunya N250 diterbangkan pertama kali. aku berada di IPTN . kulihat pak alex supeli dan beberapa bule-bule ngecek sana -ngecek sini. Dan akhirnya saat-saat yang ditunggu oleh seluruh rakyat bangsa ini terjadilah. Dengan mulusnya pesawat tersebut menembus langit bandung. Dan untuk terbang perdana ini hanya terbang sebentar. Dan pada saat mendarat aku mendengar (Gak tahu benar atau tidak) bahwa pilot merasakan getaran tang cukup besar pada saat membelok. Aku sampai saat ini belum pernah mendapat klarifikasi apakah itu benar atau tidak.

Senang mengingat masa-masa itu……Saat itu presiden ada di tower bersama dengan prof. Said Jenie. Aku cerita ini agar generasi muda bisa merasakan bangganya menjadi negara yang bisa diakui oleh negara lain. Bahwa Aku Bisa…..Aku bisa seperti kamu………….Pemuda……teruskan……..perjuangan para senior kita…..

Salam First Flight

Kusni

Tentang muhammadkusni

dosen itb
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Getaran pada N250 pada saat First Flight

  1. puji setyo nugroho berkata:

    Saat itu saya masih kelas 5 SD Pak. Momen itulah yang membuat saya bercita-cita ingin masuk ke IPTN dan membawa saya masuk ke Teknik Penerbangan ITB.
    Masa itu kini sudah berlalu… Zaman sudah berganti… Jika melihat kondisi PT DI saat ini, mungkin kita dulu tak akan menyangka kebanggaan kita akan menjadi lumpuh dan tertatih seperti saat ini.

Tinggalkan Balasan

