Bangsaku suka dijajah


Aku ingat pelajaran sejarah waktu SMP dan SMA. Diceritakan tentang sejarah penjajahan di Indonesia. Dimulai dengan datangnya VOC (Vereenigde Oostindische Compagnie = Perserikatan Perusahaan Hindia Timur)  yang didirikan pada tanggal 20 Maret 1602. Dikatakan pada pelajaran sejarah tersebut bahwa sesungguhnya tujuan awal orang belanda datang ke Indonesia adalah untuk berdagang. Mereka pada awalnya tidak berniat untuk menjajah bangsa Indonesia.

Barangkali setelah melihat tingkah laku bangsa ini yang penurut dan mudah dikuasai dan terlalu memandang orang asing lebih dari kita serta kurang bisa melihat potensi diri serta banyak sekali karakter yang mendukung untuk mudah dijajah, maka dijajahlah kita.

Pada pelajaran sejarah sering kurang disinggung kelemahan karakter ini yang menyebabkan sampai sekarang karakter mudah dijajah ini masih melekat erat dengan bangsa ini. Kekayaan di freeport dan kekayaan minyak yang ada dinegeri ini dan kekayaan laut kita masih belum merdeka sepenuhnya.

Ndak usah marah ya mas…..rebut saja lagi kekayaan kita….yang penting bekerja dengan keras dan cerdas serta berkesinambungan.

Salam bangsa suka dijajah

kusni

Tentang muhammadkusni

dosen itb
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s