Kerudung….Helm…dulu…dan kini


Pada saat aku di SMA Tahu 1983 -1986……orang pakai kerudung masih sangat jarang…di kelasku  hanya ada beberapa orang putri…yang memakainya….Tidak terbayangkan bahwa saat ini banyak sekali anak-anak putri memakai jilbab atau kerudung. Pemerintah  tidak pernah menyuruh atau bahkan memaksa rakyatnya untuk memakinya…

Helm….pada saat aku SMA atau SMP ya lupa aku…orang tidak pernah naik motor pakai helm. Aku ingat pertam akali diberlakukan wajib pakai helem bagi pengemudi motor maka berontakan dari masyarakat v terjadi…

Dari dua kejadian tersebut terlihat bahwa membiasakan suatu yang baik bagi rakyat/masyarakat adalah sesuatu yang tidak mudah. Diperlukan effort yang cukup besar dan dibutuhkan kesabarannya. Ada dua cara yang aku catat dari kejadian diatas, yaitu jilbab dibiasakan kepada masyarakat oleh para kyai dan dai. sedangkan helm dibiasakan oleh pemerintah melalui para aparatnya.

Memang….saya masih melihat dua cara itu…cukup effektif untuk merubah perilaku masyarakat menjadi lebih baik…So…sebaiknya aparat dengan para pemuka agama mulai merpatkan diri untuk membangun masyarkat yang lebih baikk. Siplah,,,,,

Salam kerudung dan helm

Kusni

Tentang muhammadkusni

dosen itb
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

