Galloping


Waktu mahasiswa saya pernah diminta mendapingi salah seorang peneliti dari belanda riset di lab. teknik penerbangan. Risetnya mengenai Galloping. Riset ini dilatar belangi oleh adanya getaran yang cukup besar pada papan-papan petunjuk jalan di jalan tol di belanda.  Jadi tol-tol di belanda cukup lebar dan anginya juga tinggi. Sehingga batang yang berbentuk balok sebagai penumpu penunjuk jalan apabila kena angin maka akan terjadi vortex, vortex yang terjadi akan mmepunyai frekuensi pribadi tertentu yang besarnya tergantung pada kecepatan angin.

Pada kecepatan angin tertentu maka frekwensi yang ditimbulkan oleh vortex akan menyamai frekwensi pribadi dari batang penumpunya sehingga menyebabkan resonansi yang ditandai dengan bergetarnya batang penumpu papan petunjuk jalan.

Riset yang dilakukan adalah bagaimana mendisain batang penumpu dan memperhitungkan statistik kecepatan angin di tol, srdemikian hingga getaran yang cukup besar tidak akan terjadi, Prinsipnya gampang saja, kita disain batang penumpunya mepunyai frekwensi yang berbeda dengan frekwensi vortex.

Salam galloping

kusni

 

Tentang muhammadkusni

dosen itb
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s