Istighfar….


Nabi muhammad mengajarkan untuk membaca Astaghfirullah hal adziimm wa atubu ilaihi (Aku mohon ampun padamu dan aku bertaubat) setidaknya 70 kali sehari. Pernah terfikir kenapa setiap hari diminta membaca hal tersebut dan dengan jumlah yang banyak lagi. Ya karena ajaran ya aku laksanakan saja. Terakhir terfikir bahwa memang sepantasnya selalu mohon ampun dan taubat, karena memang setiap hari kita selalu aja berbuat kesalahan.

Tentang taubat saya juga sering bingung, taubat kan syaratnya benar-benar tidak akan mengulang lagi….Nah lalu kenapa minta taubatnya juga setiap hari. Aku rasakan memang yang namnya manusia selalu saja berbuat salah dan sering melanggar yang telah dimintakan taubat. Dan yang penting adalah keyakinan kita bahwa Allah maha pengampun dan penerima taubat…termasuk kepada manusia yang nakal-nakal da sperti saya ini..dan yang sering mengulang-ulang kesalahan yang sama….

Ya robbi…..terima kasih  dengan semua karunia-Mu dan perkenan maaf-Mu kepadaku…….

Salam Istighfar

kusni

Tentang muhammadkusni

dosen itb
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

