Aeroelastic Tayloring


Pada saat dikembangkan pesawat tempur X-29, yaitu pesawat tempur dengan sayap sibak kedepan (sweep forward), maka saya lihat banyak paper yang membahas tentang aeroelastic tayloring. Aeroelastic tayloring ini adalah gabungan antara ilmu aeroelastic dan ilmu komposit, Pada kajian aeroelastic ini manusia berusaha untuk mengatur arah-arah serat pada komposit dimana diusahakan dengan pengaturan serat ini akan membuat sifat material struktur komposit akan menguntungkan dari segi aerolelastisitas…

Untuk kasu pesawat dengan sibak kedepan, maka aspek aeroelastisitas yang kritikal adalah aspek divergen-nya. DIvergen adalah salah satu fenomena aeroleastic dimana momen puntir yang terjadi pada sayap akibat gaya aerodinamika tidak mampu ditahan oleh kekuatan struktur sayap pesawat.  Momen puntir terjadi karena adanya gaya aerodinamika yang titik tangkap gayanya ada di aerodinamik center tidak terletak persis di tempat pusat puntir struktur,

Salam Aeroelastoc tayloring

kusni

Tentang muhammadkusni

dosen itb
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s