Timbanglah ilmu yang telah kau tulis, biar kan ku bayar


Penghormatan pemerintahan terhadap ilmu pada zaman salah seorang khalifah islam pernah saya dengan adalah sangat tinggi. konon di ceritakan adalah bahwa apabila ada pengetahuan yang ditulis oleh seseorang , maka ditimbnglah tuylisan itu dan dihargai dengan nilai yang sangat tinggi. Harganya bak nilai emas yang sangat menarik… begitulah zaman itu ilmu dihargai… Saat ini muingkin karyanya teman-teman yang menghasilkan ilmu yan g baru….yang dipublikasikan di jurnal mestinya ditimbang papernya dan beratnya dikonversi dengan nilai emas kemudian emas tersebut diberikan  ke penelitinya.

Tapi saya juga pernah bahwa pada zaman yang lain sangking sudah makmurna negara pada zaman kekhalifahan, maka sudah menjadin pemendangan yang biasa , bahwa anak-anak kecel bermain gundu/kelereng dengan menggunakan kelereng dari emas.

barangkali kedau hal tersebut diatas menggambarkan bagaimana ilmu dihargai, tetapi penghargaan yang diiming-imingkan bukan sesuatu yang membuat orang mata gelap untuk memperolehnya, karena harta yang diperoleh hanya dipegang dengan tangan tidak dengan hati….Main gundu dengan emas  menggambarkan kondisi makmur…tapi hatinya tidak terikat denagn harta itu. Bagus juga ya ditiru…

Salam ilmu

kusni

 

Tentang muhammadkusni

dosen itb
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s