bukan orang yang cerdas


Aku sadar bahwa aku bukan orang yang cerdas setelah aku menyadari bahwa di sekelilingku ternyata terdiri dari orang -orang yang lebih cerdas. Sejak SD, smp, sma aku selalu juara. Aku memperoleh itu bukan karena aku cerdas, tapi karena aku rajin. setiap perintah guruku aku lakukan, perintah dan arahan ortu juga aku lakukan, jarang aku membatah.

Barangkali itulah yang membuat aku sekarang bisa menjadi pengajar di ITB. Aku mencatat bahwa kegigihan dan ketekunan dan kerajinan merupakan sesuatu yang lebih berharga untuk dimiliki oleh seseorang dibanding dengan kecerdasan yang terlalu tinggi. Sepinter apapun orang , kalau tidak mau bekerja keras, maka ia akan sulit untuk berhasil. Keberhasilan kebanyakan dihasilkan dengan kegigihan.

Aku masih jauh dari gigihhh..masih banyak yang lebih gigihhh dari aku……

Tentang muhammadkusni

dosen itb
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

2 Balasan ke bukan orang yang cerdas

  1. ari3f berkata:

    menurut saya, selain pak kusni cerdas dan rajin, juga memanfaatkan kesempatan yang diberikan dosen-dosen senior untuk menampilkan kinerja terbaik🙂

    sejalan dengan bukunya “outliers” – malcolm gladwell

  2. eky valentian berkata:

    setuju pak..
    orang rajin jauh lebih berbahaya dari pinter..
    tapi kadang orang rajin dan orang pinter kalah sukses dibanding orang yang beruntung,,
    dan orang beruntung adalah orang yang sabar..
    begitu katanya pak..hehe

Tinggalkan Balasan

