Serat alam…


Indonesia sangat kaya dengan serat alam, salah satu yang cukup banyak dan mempunyai kekuatan yang cukup besar adalah serat bambu. Pada zaman aku kecil orang di daerahku masih menggunakan bambu untuk membuat rumah. anyaman bambu dibuat berbagai bentuk dan digunakan untuk pagar maupun dinding rumah. Anyaman bambu tersebut dinamakan gedek.

Adanya teknologi komposit pada teknologi pembuatan material untuk pesawat udara, maka penggabungan serat/bilah bambu dengan zat kimia yang dapat membeku yang disebut dengan matriks, maka akan menghasilkan material yang kuat.  Matriks tersebut juga berfungsi menjaga agar bambu yang dipakai tidak  dimakan rayap atau lenkang oleh lingkungan.

Dengan membuat lembaran-lembaran plat komposit bambu, maka nostalgia masyarakat zaamn lalu menggunakan rumah gedeg dapat dihidupkan lagi, dengan keuntungan l\jauh lebih tahan lama dibanding tanpa matriks. Begutu juga plat-pat komposit dibuat dengan ukuran tertentu, sehingga mombuat rumah bagaikan memasang mozaik-mozaik. Mudah dan cepat….

Salam Komposit

Kusni

Tentang muhammadkusni

dosen itb
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s