Riset…..yok…


Kalau kita (negara ini)  belum bisa bikin sendiri sesuatu, maka para peneliti negeri ini juga harus berfikir bahwa penelitian masalah tersebut harus masih dilakukan sendiri oleh anak negeri ini.

Kalau negeri ini belum bisa membuat mobil sendiri, maka para peneliti negeri ini harus berfikir bahwa penelitian untuk membuat mobil harus tetap dilakukan. “Lho mas…kita itu pasti sudah bisa membuat mobil sendiri, lha wong bikin pesawat aja sudah bisa, hal yang kita tidak bisa adalah membuat mobil yang bagus dan murah sehingga diminati masyarakat celatuk seseorang”. Lha ya itu,  penelitiannya diarahkan untuk membuat mobil yang murah dan bagus. Riset proses produksi agar membuatnya murah harus dilakukan. Riset untuk memperoleh material yang murah ya harus dilakukan. Riset agar mobil bikinan sendiri dibeli oleh rakyat sendiri ya harus dilakuakn. Riset agat bisa mengimpor mobil  ya harus dilakukan juga.

Jadi standar untuk penelitian itu ya sampai bisa disukai masyarakat sampai mapu terjual ke masyarakat. Masyarakat diuntungkan yang bikin barang juga diuntungkan. Kalau belum sampai ke situ ya risetnya belum selesai dan belum berhasil.

Begitu juga untuk eksplorasi dan eksploitasi kekayaan alam yang lain, seperti pengolahan minyak dan tambang serta hasil alam yang lain, kalau kita masih minta bantuan dari negara asing dan itu menguras kekayaan kita, maka peneltian di bidang tersebut harus tetap dikejar dan dilakukan.

Pokonya….(seperti gayanya pak harto dulu) kalau kita belum menguasai sendiri dan masih bergantung asing dan ketergantuangannya merugikan kita, maka ya kita masih harus mengejar ketinggalan tersebut.

Salam Peneliti

Kusni

Tentang muhammadkusni

dosen itb
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s