OH…IPTN (1)


Sejak megawati naik menjadi presiden RI, nasib industri pesawat terbang di indonesia makin terbenam. Pemerintah merasa tidak mau tahu dengan nasib industri tersebut. Hal ini dapat dimengerti karena garis perjuangan partainya mbak mega adalah pro ke “wong cilik”. Dan pembuatan industri pesawat sering dipersepsikan sebagai industri mercusuar yang hanya menghabiskan keuangan negara.

Sebenarnya demi negara ini, persepsi negatif terhadap suatu program negara harus dimanage dengan baik. Niatan mendirikan industri pesawat terbang di negeri ini juga diniatkan untuk kepentingan negara ini, sehingga persepsi negatif tersebut diatas harus diluruskan. Informasi yang saya peroleh dari para pendiri industri pesawat tersebut, salah satu niatan mengembangkan industri pesawat tersebut adalah untuk membangun margin keuntungan yang cukup signifikan untuk negara ini.

Pertam kali kerja praktek di IPTN pada tahun 80-an, saya mendengan bahwa harga CN235 biaya produksinya 1 milyar dan apabila dijual harganya 25 milyar (tahun 80-an). Waktu itu yang namanya kata-kata “nilai tambah” menjadi suatu indikator yang dikejar oleh industri berteknologi tinggi.

Melihat data-data yang saya dengar waktu itu , maka sebenarnya iptn waktu itu di persiapkan untuk memperoleh keuntungan finansial yang cukup signifikan, karena bekerja dalam orde harga yang besar (milyaran perbuah pesawat pada saat itu) dan dengan selisih antara harga jual dan biaya produksi yang cukup besar, sehingga keuntungannya besar.

Andai saja……program tersebut didukung oleh seluruh komponen negara ini………

Salam IPTN

Kusni

Tentang muhammadkusni

dosen itb
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s