Batik..


AKu dibesarkan di lingkungan pengusaha batik. Sejak kecil di hadapanku disajikan pembuatan batik oleh para tukang batik. Berbagai jenis batik setiap hari berada di hadapan mataku. setiap hari aku juga melihat ibuku menimbang pewarna yang waktu itu masih diimpor dari Jerman.

Walaupun setiap hari aku berada di lingkungan seperti itu, tetapi tidak pernah ibukku mengenalkan anak-anaknya ke dunia perbatikan. aku ingat waktu kecil pegawainya ibuk selalu meng-kudang (membombong ?) anak-anak ibu untuk jadi dokter , insinyur maupun jenderal. Ternyata “do’a” para pegawainya ibuk, dan juga mungkin doanya orang tua ku itu dikabulkan oleh Allah, karena tidak ada satupun anak ibuk dan bapak yang mewarisi usaha batik, tetapi anak bapak ibuk menjadi profesional seperti yang di gadang-gadangkan kepada kami.

Saya melihat keinginan orang tua dan para pegawai hanya disebabkan bahwa memang profesi dokter, insinyur, dll merupakan profesi yang bergengsi. Bagus dan senag sih kami menjadi seperti sekarang ini.

Yang menjadi keprihatinan saya adalah bubarnya usaha perbatikan di keluarga kami. Padahal seharusnya kemampuan untuk memproduksi batik seharusnya tetap dilestarikan dengan menerapkan teknologi dan manageman yang modern untuk meningkatkan kwalitas dan kwantitas.

Kadang masih terbetik dalam diriku untuk membantu memajukan usaha perbatikan di Indonesia dengan membantu membuatkan mesin-mesin pengolah batik, maupun robot-robot untuk mebatik, sesuai dengan keahlianku sebagai sarjana teknik mesin……

Mudah-mudahan ada generasi penerus  yang mau membangun perbatikan di Indonesia……dengan moderen …….

Salm Batik

Kusni

 

Tentang muhammadkusni

dosen itb
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s