Melatih diri untuk tampil


Di kelas saya sering menunjukkan keppada mahasiswa bagaiman cara melatih diri untuk tampil. Saya melihat karakter mahasiswa saya  kebanyakan adalah mereka sangat cerdas, tapi  kurang punya keberanian untuk tampil. Kurang PD katanya.  NAh saya sering memeberikan soal untuk dikerjakan mahasiswa di depan kelas. Saya ajari mereka untuk tampil. Caranya gimana ?

Saya meminta kepada mahasiswa untuk belajar tampil dengan mengangkat tangan kalau ada permintaan untuk menegerjakan sesuatu di depan kelas. Saya katakan tidak usah difikir dulu langsung saja diangkat tangannya. Kejadian selanjutnya serahkan pada tuhan untuk mengaturnya. Nah pada saat anda sudah mengangkat tangan maka kesempatan untuk tampil akan terjadi, lingkungan akan membimbing anda untuk proses selanjutnya. Bahkan say katakan bahwa ternyata nanti kalau anda tidak bisa menegerjakan , maka anada akan dinilai orang lain lebih dari yang lain, karena anda mempunya keberanian untuk memulai, dibanding yang lain hanya nonton saja. Demikian juga untuk even-even lain, mereka saya minta untuk mengangkat tangan pertam a kali untuk merebut kesempatan untuk tampil.

Sehingga di kelas saya, kalau saya minta mahasiswa untuk menegrjakan sesuattu di kdepan kelas, maka semua akan mengangkat tangan untuk minta kedepan. Saya tinggal memilihnya. Dan anaehnya ternyata mereka rata-rata mampu menyelesaikan di depan kelas dengan baik. Nah hal tersebut yang membuat mereka yakin bahwa dengan mengangkat tangan , maka kesempatan yang menggiurkan juga akan menanti kita.

Salam tampil

Kusni

Tentang muhammadkusni

dosen itb
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s