Kita masuk syurga dengan amal, tidak dengan ilmu


Ilmu harus diiringi dengan amal

Ilmu harus diiringi dengan keinginan yang kuat untuk mengamalkannya. Karena kita dinilai oleh amal kita bukan hanya ilmu kita saja. Gambar saya ambil dari internet, semoga mendapat izin dari yang memilikinya.

Suatu ketika saya berseloroh kepada istri yang mau berangkat mengaji ke kyai. “Ma………jangan banyak-banyak ngaji lho, nanti kalau terlalu banyak memiliki ilmu, tetapi tidak diamalkan, maka akan dosa”, kemudian saya lanjutkan perkataan saya ke istri bahwa sudah banyak ilmu yang kita ketahui, tetapi banyak yang belum dilaksanakan secara konsisten maupun terus menerus. Seloroh saya ke istri, saya lanjutkan dengan menanyakan ke dia, “minggu ini sudah tahajud belum? sudah puasa senin kamis belum ? sudah berbuat baik ke orang tua belum ? sudah berbuat baik ke tetangga belum? Nah itu semua kita sudah punya ilmunya, maka amalkan dulu. Nah nanti kalau sudah berjalan secara konsisten, baru cari ilmu lagi, agar amal kita bisa meningkat lagi”.

Kalau kita teliti memang yang akan menyebabkan kita selamat di akherat nanti adalah amal kita bukan ilmu kita, walaupun memang benar bahwa ilmu adalah sangat penting agar amal kita benar dan tidak menyalahi ajaran dari Allah.

Seloroh saya ke istri ingin menekankan bahwa pada saat kita mengaji, kita seyogyanya berharap dapat ilmu yang nantinya kita berkeinginan keras untuk megamalkannya. Saya sering mengkhawatirkan diri sendiri bahwa kebiasan mengaji hanya untuk menenangkan diri sendiri bahwa saya sudah berjalan di ‘rel-Nya’. Padahal untuk membekali akherat kita, kita tidak cukup ‘hanya merasa sudah di jalan-Nya’.

Salam Beramal

Kusni

Tentang muhammadkusni

dosen itb
Pos ini dipublikasikan di Cerita, pendidikan, pengetahuan agama. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s