Dengki dan sombong


Sombong merupakan sifat yang telah menyebabkan iblis diusir dari syurga. Ketika penghuni syurga disuruh sujud kepada Adam, maka sebagian dari mereka menolak untuk melaksanakan perintah Allah SWT untuk sujud kepada Adam AS. Iblis merasa dia lebih dari adam, karena dia diciptakan dari api, sedangkan adam dari tanah. Dengan egonya tersebut, dia lupa untuk memenuhi perinta Allah.

Dengki merupakan sifat yang telah mucul pada hati anak adam.

Allah berfirman:
“Ceritakanlah kepada  mereka  kisah kedua putera  Adam (Habil  dan Qabil) menurut yang  sebenarnya, ketika  keduanya  mempersembahkan korban, maka diterima dari salah seorang dari mereka berdua (Habil) dan tidak diterima dari yang lain (Qabil).” (QS: AlMa’idah [5]:27)
Menurut ketentuan Allah, anak adam yang selalu lahir kembar dampit (kembar, yang satu cewek dan yang satunya cowok), maka pasangan hidup mereka harus silang, tidak boleh yang lahir bersamaan).  Menurut ketentuan Allah Habil memperoleh pasangan hidup yang lebih cantik dibanding pasangan hidup Qabil. Karena egonya Qabil, dia merasa iri dengki kepada Habil. Kedengkian tersebut membuat dia melakukan dosa pertama kali manusia, yaitu membunuh manusia yang lain.
Ya…Allah. Jauhkan aku dari sifat sombong dan dengki.
Salam Tidak sombong dan dengki
MK

 

Tentang muhammadkusni

dosen itb
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s