Memahami Surat Ath-Thaariq Dengan Ilmu Pengetahuan. (Bagian Astronomi).


Al-Qur’an telah diturunkan kepada manusia dan sampai sekarang teks aslinya tidak pernah berubah. Teks aslinya dalam bahasa arab dan telah diterjemahkan ke berbagai bahasa, termasuk ke Bahasa Indonesia.  Hasil terjemah dari Bahasa Arab ke Bahasa Indonesia merupakan interpretasi/tafsir manusia terhadap firman-firman Allah SWT. Proses penterjemahan pasti dilakukan dengan hati-hati dan dilakukan oleh para ahli, dan pasti merujuk sumber hadits dan asbabul nuzul ayat-ayat tersebut.

Usaha manusia untuk makin tepat dalam memahami isi Al-Qur’an adalah sesuatu yang tidak dilarang, bahkan dianjurkan. Usaha manusia untuk dapat lebih menginterpretasikan dengan baik firman-firman Allah bukanlah sesuatu yang akan menggantikan tafsir yang lama, tetapi lebih untuk memperkaya pemahaman manusia terhadap-ayat-ayat Allah. Banyak firman Allah yang berhubungan dengan pengetahuan alam  terkuak maknanya secara luar biasa setelah seribu tahun lebih diturunkan kepada manusia. Walaupun untuk itupun kebenaran mutlaknya ada pada  Allah. Karena sesungguhnya hanyalah Allah yang tahu maknanya secara mutlak.

Aku bersama beberapa dosen dan teman-teman alumni itb  dibantu oleh para ahli-ahli bahasa arab lulusan sekolah-sekolah agama  ingin memberikan kontribusi terhadap pemahaman umat islam terhadap ayat-ayat yang mengandung pengetahuan alam. Sudah banyak ayat-ayat qur’an yang kami bahas, tetapi baru satu surat yang selesai kami buat videonya, yaitu surat Ath-Thaariq.

Ath-thaariq berasal dari kata tha-ra-qa yang artinya mengetuk. Dalam bahasa arab sehari-hari istilah thaariq digunakan untuk menyebut tamu yang jarang muncul dan tiba-tiba datang di malam hari. Prof.  Hamka juga menulis dalam Tafsir Al-Azhar, bahwa thaariq arinya adalah orang yang mengetuk pintu tengah malam agak keras, supaya empunya rumah lekas bangun, karena dia membawa berita penting.

Menurut interpretasi kami, ath-thaariq merupakan benda langit yang datangnya langka, jadi bukan seperti bintang, bulan, matahari yang datangnya setiap hari. Dengan memperhatikan ayat-ayat berikutnya, serta dengan merujuk hasil penelitian para ahli bahwa air di bumi ini sejarahnya dulu adalah berasal dari komet, maka interpretasi kami terhadap ath-thaariq adalah komet.

Surat ath-thaariq mengandung beberapa ilmu pengetahuan diantaranya adalah ilmu astronomi, kimia, biologi, geologi dan hidrologi. Surat Ath-thaariq dimulai dengan ayat was-samaai wath-thaariq. Wau pada ayat ini merupakan wau sumpah, sehingga interpretasi ayat ini adalah Allah bersumpah terhadap langit (samaai) dan terhadap benda langit yang disebut ath-thaariq. Wamaa adzrooka mathaariq adalah ayat keduanya, yang artinya adalah Tahukah kamu apa itu ath-Thhariq ? Menarik untuk disimak, semula Allah bersumpah terhadap langit (samaa’) dan terhadapa Ath-thaariq, tetapi pada ayat kedua hanya ath-thaariq yang dipertanyakan dengan kata-kata Wamaa adzrooka  (Tahukah kamu ). Allah menggunakan kata-kata wamaa adzrooka  hanya dalam sepuluh surat dan digunakan untuk mempertegas hal-hal yang unik, misalnya hal-hal yang berhubungan dengan hari kiamat, hal-hal yang berhubungan dengan neraka dan juga lailatul qadar.

Kalau dirunut waktu kejadian antara waktu datangnya komet Haley yaitu sekitar tahun 618 masehi, dengan waktu turunnya surat ath-thaariq, yaitu delapan kenabian (618 masehi) maka ada indikasi bahwa waktunnya adalah bersesuaian. Komet Haley muncul di bumi setiap 76 tahun sekali. Insya Allah tahun 2061 akan muncul lagi.

Penjelasan selengkapnya  surat Ath-thaariq dapat dilihat pada tautan ini: http://www.youtube.com/watch?v=BF3zJPDyMnY&feature=mfu_in_order&list=UL

Salam Komet Haley

Muhammad Kusni

Tentang muhammadkusni

dosen itb
Galeri | Pos ini dipublikasikan di pengetahuan, pengetahuan agama. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s