Cara sholat khusyuk


Perintah sholat merupakan perintah yang langsung diterima oleh Nabi Muhammad SAW langsung dari Allah SWT. Berbeda dengan perintah-perintah yang lain, dimana perintah-perintah yang lain  diperoleh dari Allah SWT melalui  Malaikat Jibril.Perintah sholat diterima oleh Nabi Muhammad SAW di langit ketujuh di satu tempat yang disebut  Sidrotul Muntaha. Pada saat mendampingi Nabi Muhammad Malaikat Jibril hanya  mendampingi nabi sampai kelangit enam.

Sholat merupakan anugerah yang besar dari Allah SWT kepada manusia, karena sholat merupakan cara seorang hamba berkomunikasi dengan penciptanya. Subhanallah…aku merasakan betapa nikmatnya diberi anugerah untuk dapat berkomunikasi dengan Allah. Luar biasa…kita diberi kesempatan untuk berkomunikasi dengan dzat yang sangat berkuasa di alam ini.

Persoalannya  adalah : Bagaimana kita bisa menggunakan fasilitas ini, sehingga kita bisa menikmatinya.Yook kita lihat ajaran yang mengajarkan tentang sholat khusuk.

Dan mintalah pertolongan kepada Allah dengan sabar dan dengan mengerjakan shalat. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk, yaitu orang-orang yang meyakini, bahwa mereka akan menemui Tuhannya, dan bahwa mereka akan kembali kepada-Nya. QS: AL Baqarah 45-46.

Aku mulai merasakan nikmatnya sholat khusyuk setelah belajar ilmunya dari Abu Sangkan. Dalam pelatihan itu ada satu kalimat yang terngiang di telingaku, yaitu:            ” Anda bisa membayangkan kondisi anda, pada saat pulang kantor, anda melihat rumah anda yang berisi anak dan istri dan semua harta yang anda miliki habis ditelan api. Rasakan betapa lemasnya diri ini, badan kita akan tersungkur merasa tidak berdaya menahan tubuh ini saja “. Kondisi tersungkur seperti itulah yang akan membuat kita lebih mudah merasakan khusuk, seperti dalam Al-Quran tersebut diatas, yaitu orang yang meyakini bahwa mereka akan menemui tuhannya, dan bahwa mereka akan kembali kepadanya. Kondisi tersebutlah yang menyebabkan seseorang sadar bahwa semua miliknya akan kembali kepada Allah SWT.  Insya Allah dengan menghayati peristiwa yang menyadarkan bahwa yang kita miliki ini adalah milik Allah yang sewaktu-waktu akan balik kepada Allah, maka sholat kita bisa lebih nikmat.

Mudah-mudahan dengan gambaran tersebut di atas, maka

Sujud dengan nikmat dimanapun dan kapanpun

sudah dapat membuat kita sholat khusuk tanpa harus mengalami keluarga dan harta kita habis dimakan api.

Salam Shalat Khusyuk

Kusni

Tentang muhammadkusni

dosen itb
Galeri | Pos ini dipublikasikan di pengetahuan agama. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s