Mandirilah Negaraku


Sudah puluhan tahun sekolah teknik ada di negeri ini, sudah berapa ratus ribu dihasilkan tenaga-tenaga insinyur di negara ini, tetapi yang aku lihat produk-produk yang ada di sekitarku jarang yang bikinan negara ini sendiri. Apa ya yang terjadi ? Adanya sekolah-sekolah itu seperti tidak ada.

Bidang energi, minyak bumi, tambang kita masih mengandalkan modal dan tenaga asing untuk mengolahnya. Apakah lulusan yang dihasilkan oleh sekolah – sekolah negeri ini kemampuannya tidak mencukupi, atau kesempatan yang diberikan sangat minim. Apakah kita tidak punya modal yang cukup untuk investasi dimana keuntungan sudah jelas-jelas terlihat. Atau pemimpin kita tidak mempunyai niat dan kecakapan memimpin yang mencukupi untuk mengolah negara ini. Itu semua harus di cari solusinya.

Kenapa ya pengelola barang-barang yang strategis di negara ini masih dikuasai oleh perusahaan asing. Jangan-jangan kita ini belum merdeka ya. Jangan-jangan pemimpin kita masih dalam tekanan dari asing ya, tanpa diketahui oleh rakyatnya. Atau pemimpin kita sudah kena Spy alias sudah terbeli oleh fihak asing. Atau pemimpin kita sudah seperti para pengkianat jaman penjajahan dulu, dimana dia mencari amannya sendiri dan ikut memeras orang-orang pribumi.

Apapun yang terjadi, negaraku belum makmur. Masih banyak yang harus diperbaiki. Masihkah adakah yang tersisa buat anak cucuku kelak ?

Salam Mandirilah negaraku

Kusni

Tentang muhammadkusni

dosen itb
Galeri | Pos ini dipublikasikan di negeriku. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s